Kamis, 23 Februari 2012

JENIS-JENIS PETIKEMAS


Menurut Bentuk dan Kegunaannya Container dapat dibagi menjadi 6 Kelompok

I. GENERAL CARGO CONTAINER :

Petikemas yang dipakai untuk mengangkut muatan umum (general cargo). Petikemas yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
Open Side Container
pintu sampingnya dibuka untuk memasukan dan mengeluarkan barang yang ukuran dan beratnya lebih mudah dimasukan melalui samping petikemas


Open Top Container
bagian atasnya dapat dibuka yang umumnya dipergunakan untuk barang berat yang hanya dapat dimasukan lewat atas dengan menggunakan derek.


Ventilated Container
memiliki ventilasi agar terjadi sirkulasi udara dalam petikemas yang diperlukan untuk muatan tertentu, khususnya muatan yang mengandung kadar air tinggi.


II. THERMAL CONTAINER :
Petikemas yang dilengkapi dengan pengatur suhu untuk muatan tertentu. Petikemas yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
Insulated Container.
Petikemas yang dinding bagian dalamnya diberi isolasi agar udara dingin di dalam petikemas tidak merembes keluar

Reefer Container.
Petikemas yang dilengkapi dengan mesin pendingin untuk mendinginkan udara dalam petikemas sesuai dengan suhu yang diperlukan bagi barang yang mudah busuk


Heated Container.
Petikemas yang dilengkapi dengan mesin pemanas agar udara yang didalam petikemas dapat diatur pada suhu yang diinginkan.


III. TANK CONTAINER.
Tangki yang ditempatkan dalam kerangka petikemas yang dipergunakan untuk muatan baik muatan cair ( bulk liquid ) maupun muatan gas ( bulk gas ).


VI. DRY BULK CONTAINER.
Adalah general purpose container yang dipergunakan khusus untuk mengangkut muatan curah atau bulk cargo.
Untuk memasukan atau mengeluarkan muatan tidak melalui pintu depan seperti biasanya, tetapi melalui lubang dibagian atas untuk memasukan muatan dan lubang atau pintu dibagian bawah untuk mengeluarkan muatan ( gravity discharge ). Lubang atas dapat juga dipergunakan untuk membongkar muatan dengan cara dihisap.


V. PLATFORM CONTAINER.
Petikemas yang terdiri dari lantai dasar. Petikemas yang termasuk jenis ini adalah :

Flatrack Container.
Petikemas yang terdiri dari lantai dasar dengan dinding pada ujungnya

Flatform Based Container.
Petikemas yang hanya terdiri dari lantai dasar saja, dan apabila diperlukan dapat dipasang dinding. Petikemas ini biasanya digunakan untuk muatan yang mempunyai lebar atau tinggi melebihi ukuran petikemas standard.


VI. SPECIALS CONTAINER
Adalah petikemas yang khusus dibuat untuk muatan tertentu, seperti petikemas untuk muatan ternak atau Cattlee Container atau muatan kendaraan (Auto Container).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar